Monday 10 June 2013

biografi singkat syekh imam kholil sarang


                                SYEKH IMAM KHOLIL
Beliau lahir pada tahun 1317 H. semasa kecil beliau mengaji kepada ayahhandanya dan para Masayayih Sarang , dalam menuntut ilmu beliau menuruni sifat-sifat ayahhandanya yang bersungguh-sungguh dalam belajar sehingga beliau kelihatan menonjol kepandaiaannya diantara teman-temannya.
Pada masa remaja, beliau dikirim ayahhandanya ke Bangkalan, Madura untuk belajar kepada Wliyullah Syaikh Ahmad Kholil. Setelah dirasa cukup maka Beliau diberangkatkan ke Mekkah untuk menimba ilmu disana pada Syaikh Baqir Al-Jawy seorang ‘Alim ulama’ besar di kota Mekkah saat itu, beliau berada di Mekkah selama 5 tahun dank arena kepandaiaanya beliau diminta mengajar disana
Akhirnya pada tahun 1342 H. beliau pulang ke tanah air. Dan setibanya di tanah air beliau diminta mengajar dan mengatur urusan Pondok oleh Ayahnya. Dalam melaksanakan amanat ini beliau bersungguh-sungguh untuk membesarkan Pondok bersama mertu beliua Syaikh Fathurrahman Ghozali. Pada tahun 1342 H. mertua beliau wafat tapi ini tidak menyurutkan ni’at dalam melestarikan Ta’allumul ‘Ilmissyarf di Pesantren beliau.

Beliau wafat pada tahun 1401 H. dengan meniggalkan satu tatanan yang mencerminkan agama islam dengan wadah POndok Pesantren.

1 comment:

  1. Assalamu'alaykum

    yang ini juga, mohon izin tak sharing ya kang

    ReplyDelete